Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Penanganan jantung

Ternyata gejala penyakit jantung koroner akut ini jarang diketahui orang lho!

Ternyata gejala penyakit jantung koroner akut ini jarang diketahui orang lho. Serangan jantung mendadak biasanya banyak terjadi pada orang yang mengalami penyempitan pembuluh darah. Penyempitan pembuluh darah ini biasanya di picu oleh masalah penyakit jantung koroner yang di derita oleh sesorang. Lalu hal apa yang menyebabkan seseorang bisa mengalami jantung korone?

Apa pemicu penyakit jantung koroner?

Menurut Prof. dr. Abdul Madjid, SpPD

Seseorang bisa mendapat penyakit jantung koroner kalau dia punya faktor – faktor resiko. Nah faktor –faktor resiko ini banyak sekali tapi tidak akan saya jelaskan disini karena banyak sekali faktor resiko lebih 200. Kita uraikan yang mayor dan minor saja misalnya usia , usia tua, usia 65 thn ke atas lebih ada kemungkinan mendapat jantung koroner. Nah kemudian disamping itu orang – orang yang asia atau india tentang mendapatkan jantung koroner di banding orang yang berkulit putih.

Riwayat keluarga, jadi kalau seorang ayah atau ibu punya anak kandung dia mendapat jantung koroner di usia muda maka anaknya bisa mendapatkan jantung koroner walaupun bukan mesti. Nah faktor – faktor lain yang penting kita ketahui misalnya adanya diabetes, perokok, hipertensi, kolesterol tinggi, gaya hidup yang emosional, stress, suka marah – marah, suka minum alkohol, ataupun gaya hidup yang tidak baik jadi kurang olahraga, kurang gerak, ini bisa menjadi pemicu. Makin banyak faktor resiko ini, makin besar dia mendapatkan penyakit jantung koroner. Misalnya seorang hipertensi dia meroko juga dan dia ada diabetes, ada kolesterol tinggi maka kemungkinan besar dia akan mendapat penyakit jantung koroner.

Mengapa pria lebih sering mengalami serangan jantung dibanding wanita?

Alasannya wanita – wanita itu lebih kurang mendapat serangan jantung dibanding pria terutama wanita – wanita yang msih menstruasi. Jadi wanita – wanita yang masih mestruasi hormone ekstrogen itu aktif sehingga ini memberikan efek proteksi terhadap jantungnya. Boleh dikatakan, seorang wanita yang masih menstruasi jarang sekali kena serangan jantung tetapi kalau wanita itu sudah masa menopause maka kemungkinan untuk mendapatkan serangan jantung lebuih besar.

Jagalah kesahatan jantung Anda mulai sekarang! Kenali pemicunya dan segera ambil tindakan penyembuhan jika Anda terdeteksi memdapat gejala penyakit jantung koroner akut.

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *