Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Penanganan Pernapasan

pengertian penyakit tbc dan cara pengobatannya yang tepat

pengertian penyakit tbc dan cara pengobatannya – Penyakit tbc atau tuberculosis merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh kuman. Kuman tersebut dapat menyerang bagian-bagian tubuh kita seperti paru-paru, tulang sendi, usus, kelenjar, limfe, selaput otak dan lain-lain. Penyakit tbc adalah penyakit menular yang dapat menular melalui kuman. Kuman tbc disebarkan oleh penderita yang belum berobat. Yang batuk dan bersin tanpa menutup mulutnya lalu masuk ke paru-paru manusia melalui pernapasan. Penderita tbc ditandai dengan gejala pokok yaitu batuk berdahak selama 3 minggu atau lebih. Selain itu penderita tbc juga mengalami gejala tambahan yaitu demam meriang selama 1 bulan atau lebih, nyeri dada dan sesak napas.

pengertian penyakit tbc dan cara pengobatannyaDahak bercampur darah dan keluar keringat di malam hari tanpa melakukan kegiatan apapun. Untuk menentukan penderita tbc dilakukan pemeriksaan dahak di laboratorium. Lalu pemeriksaan ronsen foto paru-paru bila pemeriksaan laboratorium hasilnya negatif. Walaupun tbc merupakan penyakit mematikan namun ada cara mengobatinya yaitu pertama-tama pergi ke puskesmas atau rumah sakit apabila dinyatakan positif tbc maka akan diberikan paket obat secara gratis.

Obat ini harus diminum setiap hari selama 6-8 bulan sampai dinyatakan sembuh. Mencegah penyakit tbc tidak sulit yaitu melakukan imunisasi sejak dini untuk anak-anak. Selain itu bagi yang belum terjangkit harus meningkatkan daya tahan tubuh. Jika daya tahan tubuh kita rendah tubuh kita rentan terhadap penyakit dan gunakan masker jika berkomunikasi dengan penderita tbc.

Ada beberapa pola hidup bersih dan sehat didalam rumah tangga. Yang pertama membuka jendela pada pagi hari sampai sore hari agar rumah mendapat udara dan sinar matahari yang cukup. Yang kedua menjemur kasur, bantal dan guling secara teratur 1 kali seminggu. Yang ketiga kesesuaian luas lantai dengan jumlah penghuni dalam satu kamar tidak lebih dari 3 orang. Yang keempat menjaga kebersihan diri, rumah dan lingkungan sekitar rumah.

Yang kelima lantai disemen atau dipasang tegel atau keramik. Enam apabilabatuk mulut sebaiknya ditutup. Tujuh membiasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan serta setelah batuk dan membuang dahak. Delapan tidak meludah disembarang tempat tapi gunakan tempat khusus yang sudah diisilisol dan setelah itu dibuang dikamar mandi. Sembilan apabila tidur dengan menggunakan kipas angin sebaiknya jangan diarahkan langsung ke pasien, namun bisa memantulkan arah angi ke dinding.

Sepuluh istirahat yang cukup, tidak boleh terlalu capek dan tidak tidur larut malam. Sebelas makan makanan bergizi seimbang terutama yang banyak mengandung protein. Dua belas olahraga dan lakukan aktivitas fisik secara teratur. Tiga belas hindari polusi udara dalam rumah seperti asap dapur dan asap rokok. Empat belas dan apabila ada orang lain yang memiliki gejala seperti penyakit ini segera diajak ke puskesmas terdekat.

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *