Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Pola Hidup Sehat

Pengertian Kesehatan Dan Kebugaran Jasmani

Definisi yang dikemukaan oleh organisasi kesehatan dunia tentang pengertian kesehatan dan kebugaran jasmani yang sebenarnya, dapat dilihat dibawah ini:

  • Sehat                           = Sejahtera dan Bebas
  • Sehat secara jasmani  = Terhindar dari berbagai penyakit
  • Sehat secara rohani    = Tidak mengalami cacat baik fisik maupun mental
  • Sehat dalam sosial     = Tidak mempunyai kelemahan dalam hubungan sosial

kesehatan dan kebugaran jasmaniJadi, kesehatan mencakup tiga aspek yang sangat berkaitan erat hubungannya, yaitu jasmani, rohani, dan sosial. Maka dari itu kesehatan tidak hanya terbatas pada bebas dari berbagai penyakit, mengalami cacat, dan mempunyai kelemahan, tetapi baik secara jasmani, rohani, dan sosial harus saling berkontribusi untuk mendukung kehidupan.

Inilah sebabnya melakukan pembinaan terhadap kesehatan melalui salah satudari tiga aspek terseut, khususnya melalui kegiatan jasmani, misalnya olahraga, mempunyai pengaruh yang kuat terhadap kedua aspek lainnya. Lawan kata dari sehat yaitu sakit. Karena keadaan kesehatan selalu bertingkat, sehingga sangat tepat jika digunakan istilah derajat kesehatan.

Maka dari itu derajat suatu kesehatanakan selalu meningkat bila dibina dengan benar, dan sebaliknya menurun bila ditelantarkan. Kalimat sehat mengandung makna yang khas bila ditinjau dari segi ilmu faal. Ilmu faal merupakan ilmu yang mempelajari fungsi dari suatu struktur, khususnya untuk struktur biologik. Dalam diri manusia struktur biologik adalah jasmani.

Dengan demikian peninjauan dilakukan dari segi ilmu faal  terhadap kesehatan terutama aspek jasmaniah. Jasmani seseorang dikatakan dalam keadaan sehat apabila semua proses fisiologis atau semua fungsi organ pada jasmani orang tersebut dalam keadaan yang normal. Karena fungsi organ tubuh dapat berubah dari keadaan istirahat menuju ke keadaan bekerja, maka sehat dari segi ilmu faal dibagi menjadi dua tingkatan:

  1. Sehat statis: fungsi organ tubuh seseorang dalam keadaan normal saat istirahat.
  2. Sehat dinamis: fungsi organ tubuh seseorang tetap normal dalam keadaan bekerja, atau bergerak.

Seseorang yang sehat secara dinamis sudah pasti sehat secara statis, Tetapi tidak demikian dengan kebalikannya sehat secara statis belum tentu dapat sehat secara dinamis. Jadi semakin berat pekerjaan maupun olahraga yangbisa dilakukan seseorang dengan fungsi organ tubuh dalam keadaan normal, semakin tinggilah derajat sehat dari segi dinamisnya.

Misalnya, ada seseorang yang dapat berjalan di sepanjang jalan bertanjakan cukup panjang sekitar 10 menit atau lebih dengan kecepatan yang wajar tanpa adanya tanda mengalami sesak nafas, dapat dikatakan mempunyai derajat sehat secara dinamis. Namun, jika seseorang dapat berlari-lari di sepanjang jalan tanjakan tersebut tanpa mengalami tanda-tanda sesak nafas, maka dia dikatakan mempunyai derajat sehat secara dinamis yang lebih tinggi.

Terjadinya sesak nafas menunjukkan bahwa ada salah satu fungsi dari organ tubuh dalam keadaan yang tidak normal, yaitu organ tubuh tidak lagi mampu memenuhi kebutuhan olahdayanya (metabolisme) yang lebih tinggi pada saat kegiatan jasmani yang lebih berat dilakukan. Setiap orang perlu mempunyai derajat sehat secara dinamis. Apalah artinya dikatakan ksehat jika  orang itu hanya sehat dalam waktu beristirahat, apalagi sehat sewaktu tidur.

Kehidupan-kehidupan manusia dalam berbagai sudut dan seginya selalu membutuhkan dukungan-dukungan derajat sehat secara dinamis pada tingkatan tertentu. Jasmani yang bugar merupakan jasmani yang mempunyai derajat sehat secara dinamis yang mampu untuk mendukung berbagai macam aktivitas dalam kehidupan sehari-hari tanpa mengalami kelelahan yang berlebih, dan kelelahan itu dapat pulih sebelum kembali menjalani aktivitas yang sama pada keesokan harinya.

Itulah inti pengertian dari kebugaran jasmani. Semakin tinggi derajat sehat secara dinamis dalam diri seseorang, semakin besar kemampuan fisiknya dalam melakukan suatu pekerjaan dansemakin kecil kemungkinan untuk mengalami kelelahan. Orang yang seperti itu mempunyai derajat kebugaran jasmani lebih tinggi.

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *