Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Pola Hidup Sehat

Seberapa besar kebugaran tubuh Anda dan bagaimana cara meningkatkannya?

Bentuk tubuh, pola hidup, keadaan genetik, dan kemampuan kardiovaskular. Semua hal itu akan membantu pembentukan faktor kebugaran diri Anda. Proses evaluasi pada tingkat kebugaran bukanlah memakai proses penilaian yangs sederhana.

Hal ini dikarenakan adanya perbedaan dalam pola hidup, jaringan otot, keadaan genetik, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan, dapat membantu menentukan tingkat kebugaran pada setiap orang. Jadi bagaimanakah Anda dapat mengetahui apakah kebiasaan-kebiasaan berolahraga dan diet sehat dapat memberikan hasil yang baik? Ada beberapa cara untuk dapat mengukur tingkat kebugaran tubuh Anda.

Lima Komponen Kebugaran

Komponen kebugaranMengukur tingkat kebugaran termasuk pengukuran yang multi dimensi. Contohnya pelari marathon mempunyai kesehatan kardiovaskular yang sangat baik, namun jika Anda hanya mempunyai kaki dan paru-paru, Anda tidak akan mempunyai kekuatan atau fleksibilitas yang baik.

Dengan contoh pengukuran yang sama, seseorang yang mengalami kelebihan berat badan dan dalam keadaan sehat secara aerobik tentunya akan jauh lebih sehat dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan normal tetapi tidak pernah berolahraga.

Adapun kebugaran fisik secara keseluruhan terdiri dari 5 elemen yang berbeda:

  1. Daya tahan Aerobik atau kardiovaskular
  2. Kekuatan jaringan otot
  3. Daya tahan jaringan otot
  4. Keluwesan
  5. Komposisi tubuh

Evaluasi dari kebugaran secara menyeluruh meliputi proses latihan dan kegiatan yang secara khusus dapat mengukur kemampuan Anda untuk dapat berpartisipasi dalam jenis olahraga aerobik, ataupun kardiovaskular, serta kekuatan, daya tahan, dan fleksibilitas sendi dan jaringan otot Anda.

Peralatan khusus juga akan digunakan untuk dapat menentukan komposisi tubuh atau presentase lemak total yang ada di dalam tubuh Anda. Penting untuk melakukan aktivitas olahraga untuk dapat mengoptimalkan 5 komponen kebugaran dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Bagaimana untuk Mengembangkan Rencana Latihan Kebugaran Anda?

Jika Anda mempunyai masalah kesehatan tertentu, maka periksakan terlebih dahulu dan berkonsultasilah dengan dokter Anda sebelum melakukan aktivitas untuk meningkatkan kebugaran tubuh Anda. Setelah dokter Anda memberikan izin, barulah ambil langkah-langkah penting berikut ini:

  • Ikutilah pedoman jumlah minimum latihan yang telah dikeluarkan oleh Departemen Kesehatan. Hal ini berarti lakukan olahraga dengan tingkat intensitas yang sedang selama kurang lebih 2,5 jam setiap minggu. Minimal dilakukan sebanyak dua kali dalam seminggu, lengkapilah olahraga aerobik yang Anda pilih dengan kegiatan olahraga beban, dan menargetkan semua otot utama pada tubuh. Hindari untuk tidak melakukan aktivitas lagi, beberapa latihan yang akan dilakukan dengan tingkat intensitas apapun, akan menjadi lebih baik daripada tidak melakukan kegiatan olahraga, sementara Anda sedangn membangun daya tahan tubuh.
  • Berjalan kaki merupakan cara paling mudah dan murah untuk memulai latihan kebugaran. Ajaklah teman atau keluarga untuk dapat bergabung dengan Anda dan ini akan menambahkan variasi dalam aktivitas rutin Anda. Berjalan termasuk latihan sederhana yang dapat dilakukan oleh siapapun. Gunakanlah alat pedometer sejak hari pertama latihan dan lakukan dalam tiga bagian ini : 1. lima menit melakukan pemanasan dengan berjalan kaki perlahan-lahan, 2. diikuti dengan berjalan kaki lebih cepat, 3. Dan lima menit untuk pendinginan dengan berjalan kaki perlahan-lahan.
  • Bersainglah dengan diri Anda sendiri. Tak peduli aktivitas apapun yang akan Anda pilih supaya menjadikan tubuh bugar, jangan pernah sekali kali membandingkan kemajuan Anda dengan kemajuan orang lain. Tetapkanlah tujuan, dan jika Anda tidak kuat dan benci melakukan olahraga, mulailah dari bawah dan lakukan secara bertahap. Jangan pernah berusahan membandingkan diri Anda dengan teman yang mempunyai berat lebih ringan 20 kilogram dan baru telah mampu menyelesaikan triathlon ke sepuluhnya. Bahkan dalam suatu kelompok perempuan  yang berjalan dengan kecepatan sama setiap paginya, belum tentu mereka semua dapat menunjukkan ukuran kebugaran yang juga sama.
  • Hindarilah membuat tubuh terlalu lelah. Salah satu langkah preventif yang disarankan yaitu memeriksa denyut jantung dan beristirahatlah sebelum Anda turun dari ranjang setiap pagi dan membuat grafik. Sehingga Anda mampu melihat penurunan denyut jantung pada waktu istirahat yang konsisten dan bertahap mulai dari waktu ke waktu. Jika denyut jantung pada waktu istirahat Anda mulai meningkat, itu berati Anda telah melakukannya secara berlebihan. Indikator lain yang merupakan kelelahan tubuh yaitu nyeri otot yang tak kunjung hilang setelah beberapa hari.

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *