Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Pola Hidup Sehat

Ternyata Ini Ciri-Ciri Tubuh yang Kekurangan Vitamin

Semua orang pasti menginginkan memiliki tubuh yang sehat. Supaya tubuh dapat terus sehat dan terjaga dengan baik, ada berbagai macam hal yang wajib diperhatikan, seperti salah satunya memperhatikan apakah tubuh kita sudah memiliki cukup vitamin aau bahkan kurang. Untuk itu, kita juga perlu untuk mengetahui apa saja ciri-ciri tubuh yang mengalami kekurangan vitamin. Pada umumnya tubuh yang mengalami kekurangan vitamin akan merasakan gejala-gejala anehpada tubuh.

Adapun penyebab-penyebab tubuh kekurangan vitamin adalah karena tubuh sering mendapatkan asupan makanan yang kurang tepat, terutama jika tubuh terlalu sering mendapatkan asupan makanan yang bersifat instan dan kurang sehat. Sehingga untuk dapat menghindari tubuh kekurangan vitamin, dapat dilakukan dengan cara mengatur pola makan yang baik, teratur, dan terukur serta memakan makanan yang sehat dan bergizi.

Ciri-ciri tubuh yang mengalami kekurangan vitamin

  1. Bibir pecah-pecah

Ciri-ciri tubuh yang mengalami kekurangan vitaminTanda dan gejala pertama dari tubuh yang kekurangan vitamin adalah seperti ada celah-celahpada area sudut mulut atau bibir yang pecah-pecah. Tentu masalah sudut mulut dan bibir pecah-pecah bukan hanya karena kekurangan vitamin C, namun juga karena kekurangan Vitamin B, zat besi dan juga Zinc.

Untuk dapat mengatasi hal ini, kita dapat makan-makanan bervitamin sepertimakan jeruk, jambu batu, daging ayam, ikan salmon, ikan tuna, telur, tomat dan beberapa makanan sejenis. Tubuh yang mengalami kekurangan vitamin B6 dapat menyebabkan area ujung mulut atau bibir menjadi pecah sehingga perlu menambahkan menu makanan seperti sayur-sayuran hijau dan juga kacang-kacangan.

  1. Benjolan (berwarna merah dan putih) di wajah, lengan, dan betis.

Jika seseorang mengalami benjolan ini, maka kemungkinan orang tersebut mengalami kekurangan vitamin A dan vitamin D. Sehingga mengkonsumsi vitamin menjadi hal yang cukup penting guna menurunkan lemak jenuh dalam tubuh, atau dapat diganti dengan meningkatkan asupan lemak sehat. Tubuh yang kekurangan vitamin A dapat menyebabkan infeksi pada saluran pernafasan, menurunnya sistem imun tubuh, menyebabkan rabun senja, dan katarak.

Sedangkan akibat yang ditimbulakan dari kekurangan asupan vitamin D menyebabkan otot mudah mengalami kejang-kejang dan proses pertumbuhan tulang menjadi tidak normal. Untuk mengatasi hal-hal tersebut, Anda dapat membiasakan diri untuk memakan makanan seperti ikan salmon, susu, sayuran hijau, ubi, wortel, paprika merah dan buah-buahan untuk memenuhi asupan vitamin A. Untuk vitamin D seperti susu, telur, minyak ikan, dan juga keju.

  1. Kram otot (rasa tertusuk) di betis, punggung kaki, dan jari kaki

Kram otot yang terutama terjadi pada kaki tentunya sangat menyakitkan.Rasa sakit ini terjadi karena tubuh telah kekurangan kalsium, magnesium, serta kalium.Untuk dapat mengatasinya, utamakan mengkonsumsi makanan seperti apel, labu, anggur dan juga bayam

  1. Kesemutan pada kaki dan tangan

Rasa kesemutan dapat dirasakan karena tubuh mengalami kekurangan vitamin B9, B6, and B12.Sehingga sangat disarankan memakan makanan seperti kacang, bayam, telur, dan juga daging unggas, yang mengandung vitamin B.Terakhir, perlu diingat bahwa kesehatan adalah hal yang sangat penting dan sesuatu yang paling utama dibutuhkan oleh manusia, sehingga rajinlah merawattubuh dengan sebaik-baiknya.

  1. Muncul Sariawan

Menurunnya sistem imun pada tubuh, biasanya disertai dengan kondisi kulit kering dan bersisik, mulut kering, bibir pecah, serta munculnya sariawan. Ini semua merupakan gejala kekurangan vitamin B2.Untuk dapat mencegahnya, konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin B2, seperti sayur-sayuran segar, kacang kedelai, susu dan kuning telur.

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *