Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Terapi Stroke

Mengenal Cara Mengobati Stroke dan Seluk-beluknya

Cara mengobati stroke bisa dibilang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Hal ini lantaran banyak sekali penderita stroke yang sudah melakukan banyak ragam rangkaian pengobatan namun tetap saja kurang bisa maksimal dan tak kunjung membaik.

Stroke sendiri merupakan kondisi dimana pasokan darah yang seharusnya ke otak terputus karena tersumbat ataupun karena pembuluh darahnya pecah sehingga menjadikan sel di sebagian area pada otak mati.

Mengenal gejala stroke

Stroke sendiri merupakan kondisi kesehatan yang cukup serius sehingga butuh penanganan cepat. Oleh karena itu jika sudah muncul gejala maka cara mengatasi stroke awal dan segala prosedurnya harus segera dilakukan sehingga bisa meminimalisir stroke lanjutan dan akut.

Hal ini lantaran saat pasokan darah yang bawa nutrisi dan oksigen ke otak putus, maka sel otak pun akan mulai mati. Jika cepat ditangani, maka parahnya kerusakan bisa dicegah dan kematian akan bisa dihindari.

Untuk menambah informasi, maka berikut ini beberapa gejala dari stroke:

  • Cara bicara dari penderita terlihat kurang jelas, tidak jelas dan bahkan kacau. Bahkan ada banyak penderitanya yang tak mampu sama sekali untuk bicara meski mereka seolah sadarkan diri.
  • Mata serta mulut di salah satu sisi wajahnya terlihat seperti turun.
  • Lengan pada penderitanya mengalami lumpuh ketika terserang stroke sehingga mereka tak mampu mengangkat salah satunya atau bahkan keduanya sekalipun.

Jika di antara anggota keluarga atau teman Anda mengalami hal demikian, maka ada baiknya segera dianjurkan untuk membawanya ke dokter sehingga dokter bisa memberikan saran dan cara mengobati stroke secara cepat dan tepat.

Jenis-jenis stroke

Stroke sendiri berdasar penyebabnya bisa dibagi jadi dua yakni:

  • Stroke iskemik – stroke ini terjadi ketika pasokan darahnya terhenti karena gumpalan darah.
  • Stroke hemoragik – stroke ini terjadi ketika pembuluh darah yang bisa memasok darah pada otak pecah.
  • Stroke ringan – stroke ini terjadi saat pasokan darah ke otak terjadi gangguan sesaat sehingga gejalanya penglihatan ganda, pusing hingga tubuh lemas dan juga sulit bicara. Stroke ringan ini biasanya adalah awal dari stroke berat sehingga harus segera dilakukan penanganan.

Metode dan cara mengobati stroke

Cara pengobatan dan juga metode untuk penyembuhan stroke itu sendiri kembali lagi kepada jenis stroke yang diderita. Tentunya cara mengobati stroke akut akan berbeda dengan cara mengobati stroke ringan. Umumnya pengobatan juga disesuaikan pada area otak mana terjadinya stroke itu sendiri.

Stroke bisa diobati dengan obat, termasuk juga pada obat pencegahan dalam penurunan tekanan darah, penurunan kolesterol hingga penghilangan pembekuan darah.

Untuk beberapa kasusnya, operasi pun mungkin juga bisa dibutuhkan demi memperbaiki kerusakan karena stroke tersebut.

Adakah cara pengobatan stroke alami?

Mungkin banyak diantara Anda yang kini sedang mengalami stroke atau diantara anggota keluarga hingga teman sedang mengalami stroke dan kini sedang berjuang dalam menemukan cara mengobati stroke yang tepat. Salah satu caranya adalah dengan pengobatan alternatif, herbal hingga pengobatan alami.

Pada dasarnya ada banyak sekali tanaman obat yang kerapkali digunakan dalam mengobati penyakit stroke ini.

Beberapa bahan yang banyak dipakai adalah bawang putih, kunyit serta ginseng. Meski begitu, beberapa bahan tersebut bukan bisa menyembuhkan stroke begitu saja, namun hanya sebagai bahan pembantu pengobatan saja.

Penderita stroke tetap harus melakukan berbagai macam upaya pengobatan dari dokter sehingga perkembangan tubuhnya bisa terpantau. Jika memang Anda tertarik menggunakannya, maka ada baiknya juga tetap konsultasi dengan dokter mengingat kondisi tubuh seseorang yang berbeda-beda.

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *