Pages Menu
Categories Menu

Posted by in Terapi Stroke

Penting! Ketahui 4 Cara Penanganan Stroke Yang Bisa Dilakukan Dalam Kondisi Darurat

Langkah awal cara penanganan stroke – Saya yakin siapapun yang dirumah tentunya sangat dekat dengan media social. Pembaca jika ada berita-berita meyakinkan banget yang mengabarkan bla bla bla  tentang kesehatan akhirnya dipercaya kemudian dilakukan. Kalau bekti gini pasti pernah terima –terima pesan – pesan dari broadcast sempat percaya gak ?

Bekti: Sempat percaya kok, karena aku pikir itu masuk akal, mungkin karena adanya penyumbatan terus kemudian kalau di tusuk akhirnya kan keluar tuh darahnya kan itu bisa melancarkan atau meringankan stroke nya gitu.

Dr : Tidak Bekti, ini adalah Hoax alias berita yang menyesatkan atau keliru. Proses dari stroke itu bukan sifatnya 1-2 hari bukan sumbatan 1 atau 2 hari, ini sumbatan yang lama di masa tertentu yang benar-benar dia menyumbat pembuluh darah di otak. Terus otak itu merupakan suatu perkumpulan pembuluh darah dan syaraf yang cukup rumit tidak langsung dengan merespon menusuk jarum di jari  atau menusuk jarum di bagian yang lain langsung masalah itu selesai. Yang di khawatirkan malah saat menusuk jarum muncul infeksi baru apalagi kalau jarumnya gak steril.

penanganan strokeOkey Bekti, tapi Bekti pernah liat gak orang yang terkena serangan stroke ? Kemudian bagaimana cara Penanganan stroke tersebut?

Bekti: Secara langsung sih belum pernah.

Dr: Kita kasih contoh, nah ini jari yang ditusuk. Nah ini kan jarum , ini kapas, dan ini alcohol pura puranya ini. Maaf ya Bekti saya sih gak pengen seperti itu saya pengen pura-puranya itu Bekti kena serangan stroke. Maksud saya Bekti akan membantu saya menunjukkan beberapa gejala serangan stroke dan saya akan membantu untuk menjelaskan cara penanganan stroke pertama atau yang menjadi langkah awal penanganan stroke tersebut.

Bekti: Jadi berakting?

Dr: Disini saat Bekti jatuh, kita sebagai penolong segera pindahkan ke tempat yang nyaman. Biasanya ada beberapa masyarakat yang mencari sesuatu yang sesuai dengan informasi yang kliru tadi. Pura-pura tidur biar tidak liat yang saya lakukan, wah lengkap nih ini kan seolah – olah di ambil itu ini adalah cara yang salah. Langsung ditusuk, tapi tidak melihat apa yang terjadi di penderita. Ini di taruh dulu jangan menyesuaikan dengan informasi yang sudah anda dapatkan tapi perhatikan mimik wajah atau apa yang terjadi pada pasien.  langkah awal penanganan stroke kita pakai metode yang namanya  F.A.S.T

  1. Face (F)
    jadi cara penanganan orang stroke perhatikan wajahnya, usahakan untuk tetap berkomunikasi dengan pasien. “Pak? Senyum Pak , apa kabar Pak?” Jadi ada perubahan bentuk wajah dimana si wajah ini agak miring kelihatan sesudah atau sebelumnya.
  2. Arms (A)
    Arms  adalah kekuatan tangan, pegang  tangan tersebut minta si penderita “ Bapak tolong tahan tangannya ya” kita lepas. Jika kedua tangan atau salah satu dari kedua tangan ini jatuh ini ada kemungkinan adalah serangan stroke, terjadi kelemahan pada anggota tubuh.
  3. Speech (Lidah sedikit miring atau cadel)
    Ajak penderita bicara tidak usah pertanyaan yang sulit. “Bapak namanya siapa ?” POerhatikan yang paling mudah di lihat adalah lidah, lidahnya agak miring dan bicaranya cadel. Ini adalah suatu tanda yang bisa mengarah ke stroke

 

  1. Time (waktu)
    semakin kita cepat mencari pertolongan, semakain cepat kita meminimallkan kemungkinan kerusakan di  otak. Telepon ambulan misalnya.

4 cara diatas bisa Anda lakukan dalam penanganan darurat stroke, semoga informasi kami bermanfaat untuk Anda.

Post a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *